Warga Jakpus Bisa Bikin Paspor di Hari Minggu, Tanpa Ganggu Waktu Kerja

JAKARTA – Sambut Hari HAM ke-75, Kantor Imigrasi Kelaa I Non TPI Jakarta Pusat membuka palayanan paspor secara langsung di Lapangan Banteng, pada Minggu (10/12/2023).

Acara tersebut digelar oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang bekerja sama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).


Masyarakat dapat menikmati layanan paspor ini dengan mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi M Paspor. Sebanyak 30 kuota disediakan oleh Kantor Imigrasi Jakarta Pusat.

“Kami menyediakan 30 kuota pemohon bagi warga masyarakat yang membutuhkan paspor, silakan mendaftarkan diri melalui Aplikasi M-Paspor yang bisa diunduh di Playstore atau Appstore, kuota mulai dibuka sejak hari Jumat.” kata Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Wahyu Hidayat.

Wahyu mengungkapkan langka-langkah bagi masyarakat yang ingin membuat paspor secara langsung, dengan beberapa prosedur yang harus di siapkan.

“Di sini pemohon yang datang akan melakukan prosedur pengambilan nomor antrean, verifikasi berkas persyaratan, dan pengambilan data biometrik berupa foto wajah dan sidik jari. Sedangkan untuk pembayaran bisa dilakukan di bank baik offline atau online banking, kantor pos, Indomaret, dan marketplace,” ucap Wahyu.

Pada bulan November 2023 lalu, Kantor Imigrasi Kelas Inon TPI Jakarta Pusat telah berhasil mendapatkan penghargaan Unit Kerja Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM).

Penghargaan ini diberikan kepada unit kerja yang telah melakukan pelayanan publik berbasis hak asasi manusia yang meliputi kemudahan dan kenyamanan aksesibilitas serta fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan.

“Saya harap dengan partisipasi kami pada acara ini mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia,” tutup Wahyu.

Di sisi lain, pemohon yang mengikuti layanan ini, terlihat dari total 30 kuota yang terisi penuh. Rizky, salah seorang pemohon yang dilayani oleh Kantor Imigrasi Kelas Jakarta Pusat mengapresiasi adanya kegiatan ini.

“Saya senang sekali dengan adanya layanan paspor ini, karena saya bisa bikin paspor di hari Minggu tanpa harus izin atau cuti dari kantor.” ucapnya.




Follow Berita Okezone di Google News



(kha)












 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *