Terbaru! Pendaftaran CPNS 2024 Dipastikan Akan Dibuka, Cek Formasi Priortas, Syarat dan Cara Daftar

TRIBUNKALTIM.CO – Pemerintah memastikan pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka, cek formasi prioritas, syarat dan cara daftar.

Bicara soal pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka,dan apa saja formasi prioritas, sejumlah hal menarik akan terungkap.

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) dikabarkan sudah merencanakan perekrutan di tahun 2024.

Walau jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan tahapan belum dirilis, informasi terbaru bisa terus dipantau di situs dan media sosial resmi pemerintah, salah satunya lewat SSCASN.

Baca juga: Kabar Gembira! Peserta SKB Bisa Bertambah Bila Nilai Sama, Inilah Penentu Kelulusan SKD CPNS 2023

Hal ini disampaikan langsung Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, dalam Rapat Koordinasi Penataan Manajemen Aparatur Sipil Begara (ASN) yang membahas mengenai Undang-Undang No 20/2023 tentang ASN, di Jakarta pada Senin (6/11/2023) lalu.

“Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023,” ungkap Aba Subagja dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (14/11/2023).

Dari tahun ke tahun, kata Aba, Kementerian PANRB memberi ruang formasi kebutuhan yang besar, meski pemenuhannya tidak optimal.

“Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023,” lanjutnya

Dia juga menjelaskan bahwa pihaknya menerima banyak masukan serta keluhan para lulusan baru yang tidak bisa mengambil bagian dalam program pemerintah tersebut.

“Kami menerima banyak keluhan dari fresh graduate yang tidak bisa melamar. Usulan dari kementerian, lembaga, dan pemda belum optimal,” ujar Aba, seperti dilansir Tribunpriangan.com di artikel berjudul CPNS 2023 Belum Beres, Kementrian PANRB Sudah Rencanakan Buka 1,3 Juta Formasi CPNS di Tahun 2024.

Kemudian untuk penerimaan CPNS tahun 2024 nanti, dirinya berharap tidak melebihi kuota yang telah ditentukan.

Dengan begitu, kata dia, semua instansi bisa melihat serta memaksimalkan potensi untuk penerimaan ASN di tahun 2024.

Adapun maksud dari penetapan UU ASN 2023 baru tersebut, diperlukan dalam penerapan pengurangan angka penganguran di dalam negeri, pada tahun mendatang.

PENDAFTARAN CPNS 2024  – Laman sscasn.bkn.go.id. Pemerintah memastikan pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka, cek formasi prioritas, syarat dan cara daftar.(sscasn.bkn.go.id)

Sehingga dalam jangka waktu enam bulan ke depan diharapkan Pemerintah atau PP turunan dari UU 2023 ini sudah bisa digunakan masyarakat luas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *