Siaga Banjir Lahar Dingin Terjang Dua Kecamatan di Lereng Gunung Lewotobi

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Paul Kabelen

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA-Warga Desa di Kecamatan Wulanggitang dan Ile Bura diimbau siaga dengan banjir lahar dingin dari Gunung Lewotobi Laki-laki pasca hujan lebat.

Pasalnya, saat ini sedang terjadi banjir lahar dingin di tiga titik sekaligus, Rabu, 7 Februari 2024. aliran lumpur warna cokelat melanda Desa Dulipali dan Nurabelen, Kecamatan Ile Bura, kemudian satu titik di Desa Nawokote, Kecamatan Wulanggitang.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki, Bobby Lamanepa melalui keterangan tertulis, mengimbau masyarakat agar hati-hati melintasi jalan Nobo-Nurabelen, Nawokote-Waiula, dan Jalan Trans Flores di Desa Dulipali.

Tetap hati-hati dan menghindari aliran lahar dingin, karena sekarang sedang terjadi hujan deras di puncak Gunung Lewotobi,” katanya.

Baca juga: BREAKING NEWS : Banjir dari Gunung Lewotobi Terjang Wilayah Desa Dulipali Hingga Jalan Trans Flores

Di Desa Dulipali, banjir menyeret material pasir bercampur tanah dan kerikil menutupi badan jalan penghubung Flores Timur-Sikka.

Meski demikian, aktivitas lalu lintas masih lancar karena kadar lumpur hanya setinggi mata kaki orang dewasa. Pengguna jalan harus ekstra siaga karena jalan cukup licin dan berpotensi tergelincir.

Sementara Kepala Desa Nawokote, Petrus Dua Puka, mengatakan banjir lahar dingin kembali menerjang Kali Waimuring, berjarak ratusan meter dari pemukiman warga.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *