Saran Pengunjung di Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan, Tanam Banyak Pohon

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO

Suasana Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (25/12/2023). Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan selalu jadi tempat favorit turis, baik itu wisatawan dari dalam, maupun luar Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pengunjung usulkan tambah lagi pohon di pantai.  

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPANPantai Manggar Segara Sari, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur kerap menjadi primadona, sekaligus magnet objek wisata bagi masyarakat.

Setiap tahunnya, Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan selalu jadi tempat favorit turis, baik itu wisatawan dari dalam, maupun luar Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Evi Dwi Ananda, salah satu wisatawan dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang mengaku tidak pernah absen berkunjung ke pantai tersebut setiap tahunnya.

“Disana ada pantai (Banjarmasin). Tapi setiap tahun selalu pilih kesini (Pantai Manggar) bareng rombongan sekeluarga,” kata Evi kepada TribunKaltim.co pada Senin (25/12/2023).

Baca juga: BPBD dan Basarnas Siapkan Pengamanan di Darat dan Laut di Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan

Beberapa hal yang memantiknya untuk menjadikan Pantai Manggar sebagai objek wisata andalan adalah ketersediaan pengamanan oleh pihak terkait.

Salah satu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan dan Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Kalimantan Timur yang turut melakukan kesiapsiagaan ekstra di kawasan pantai tersebut.

Pihak pengelola telah memberikan perhatian khusus terhadap aspek keselamatan dengan menyediakan pengamanan, kemudian memberikan batas-batas di laut juga.

“Kita jadi merasa aman juga,” ujar Evi.

Fasilitas penunjang lainnya, imbuhnya, seperti WC umum juga telah disiapkan.

Baca juga: Pengunjung Pantai Manggar Segara Sari Terbanyak dari Luar Kota Balikpapan

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi yakni menunggangi kuda, permainan ATV, layanangan dan pelampung yang tersedia secara lengkap.

Menambah Banyak Pohon

Kendati demikian, Evi menyebut, satu hal yang menjadi perhatian lebih adalah masih diperlukannya peningkatan dalam hal kebersihan.

Pantai Manggar Segara Sari, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO)

Selain itu, perlunya meningkatkan keberlanjutan lingkungan dengan menanam lebih banyak pohon.

Hal ini diusulkan sebagai solusi, mengingat cuaca yang tampak terik pada siang hari di pantai tersebut.

“Sehingga adanya pohon atau gazebo bisa menjadi tempat untuk berteduh yang nyaman bagi pengunjung,” pungkasnya.

(*)

Sumber: Tribun Kaltim

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *