Profil dan Agama Iriana Jokowi, Ritual Berdoanya Dibongkar Kaesang

Suara.com – Akhir-akhir ini, keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus menerima sorotan publik, termasuk Iriana Jokowi. Terlebih usai putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Prabowo Subianto.

Jokowi dinilai ingin melenggangkan kekuasaan melalui keluarganya dengan membangun dinasti politik. Salah satunya, dianggap sengaja mengubah aturan batasan usia capres-cawapres melalui adik iparnya, Anwar Usman.

Tak hanya itu, istrinya, Iriana Jokowi juga kerap menjadi sasaran. Meski begitu, ia dan Jokowi memilih untuk menanggapinya dengan santai.

Hal ini kemudian membuat profil dan agama Iriana menuai rasa penasaran publik.

Profil dan Agama Iriana Jokowi

Iriana adalah nama pemberian kakeknya yang pernah menjadi guru di Irian Jaya, Papua. Ia lahir di Solo, Jawa Tengah pada 1 Oktober 1963. Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara dari pasangan Ngadijo dan Sri Soenarni.

Ia yang beragama Islam tumbuh di lingkungan keluarga pendidik. Iriana sendiri mengenyam pendidikan di kota kelahirannya. Sampai suatu hari, ia yang masih duduk di bangku SMA, mulai mengenal pria bernama Joko Widodo.

Hal itu terjadi saat Iriana bermain ke rumah temannya, Lit Sriyanti, yang rupanya adik dari Jokowi. Kala itu, Jokowi sendiri tengah menjadi mahasiswa di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Di awal perkenalan, Jokowi memberanikan diri untuk mengajak Iriana bersepeda. Kedekatan itu berakhir dengan pernikahan pada 24 Desember 1986. Mas kawinnya sendiri berupa cincin senilai Rp24 ribu.

Setelah menikah, Iriana ikut Jokowi yang mendapatkan pekerjaan di Aceh. Namun, keduanya memutuskan pulang ke Solo usai Iriana hamil anak pertama, Gibran Rakabuming Raka. Lalu, pasutri ini juga dikaruniai dua anak lainnya.

Mereka adalah Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Di sisi lain, Iriana pernah menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta periode 2005 – 2012 serta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta pada 2012 – 2014.

Posisi itu diembannya karena Jokowi pernah menjabat kepala daerah di Solo dan DKI Jakarta. Baru lah pada tahun 2014 hingga 2024 nanti, Iriana menjadi ibu negara. Tepatnya usai Jokowi dua kali terpilih sebagai presiden.

Sementara itu, Iriana juga pernah diberi gelar kehormatan oleh Jokowi. Ia menerima Bintang Republik Indonesia Adi Pradana melalui rapat Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (DGTK) yang digelar Kamis (3/8/2023).

Biodata Iriana Jokowi

Nama: Iriana

Nama Populer: Iriana Jokowi

Tempat, Tanggal Lahir: Solo, 1 Oktober 1963

Usia: 60 Tahun 

Pekerjaan: Ibu Negara

Agama: Islam

Pendidikan: SMA Negeri 3 Kota Solo

Suami: Joko Widodo (Jokowi)

Orang Tua: Ngadijo dan Sri Soenarni

Anak: Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep

Media Sosial: –

Ritual Berdoa Iriana Jokowi

Iriana Jokowi memiliki ritual tersendiri untuk mendoakan sang suami dan ketiga anak-anaknya. Setiap dini hari, istri dari orang nomor 1 RI itu tak pernah absen melangsungkan salat tahajud.

Setelahnya, ia akan berada di luar rumah untuk mendoakan keluarganya. Kebiasaan unik Iriana Jokowi ini dibongkar oleh Kaesang Pangarep.

“Kalau berdoa ibu iya. Biasanya kadang-kadang habis tahajud,” ujar Kaesang dikutip dari tayangan kanal YouTube Kiky Saputri Official, Sabtu (9/12/2023).

“Kadang bisa jam 02.30 itu ibu pasti di luar rumah. Jadi kan kayak misalnya di Istana Bogor, ya berdoa untuk keluarganya aja,” lanjut Kaesang.

Dalam pernyataannya, Kaesang Pangarep mengungkapkan bila sang ibu lebih merasa khusyuk berdoa saat di luar rumah.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *