Prediksi Soal Kapan Kenaikan Gaji Pensiunan Dibayarkan 2024 dan Kenaikan Gaji PNS 2024 Kapan Cair

TRIBUNKALTIM.CO – Terjawab sudah kapan kenaikan gaji pensiunan dibayarkan 2024? cek informasi terbaru dan ulasan kenaikan gaji PNS 2024 kapan cair.

Ulasan seputar kapan kenaikan gaji pensiunan dibayarkan 2024 dan kenaikan gaji PNS 2024 kapan cair sedang menjadi sorotan.

Bila pemerintah bisa merampungkan peraturan tabel gaji terbaru sesuai kenaikan gaji PNS 8 persen dan pensiunan 12 persen di akhir Januari ini, maka PNS dan pensiunan diprediksi dapat menikmati kenaikan di bulan Februari tahun 2024.

Sebelkumnya, Kementerian Keuangan melalui Staf Khusus Kemenkeu Yustinus Prastowo mengatakan bahwa kenaikan gaji telah berlaku sejak 1 Januari tahun 2024.

Baca juga: Gaji PNS Naik Mulai 1 Januari 2024, Daftar Gaji Golongan I hingga IV, Kemenkeu Siapkan Rp 52 Triliun

Besaran kenaikan gaji PNS dan pensiunan sebesar 8 dan 12 persen itu nantinya akan dibayarkan dengan mekanisme rapel.

Pembayaran akan dilakukan ketika pemerintah telah menerbitkan aturan tabel gaji terbaru PNS dan pensiunan setelah naik 8 dan 12 persen.

Dan hingga saat ini, belum ada kepastian kapan pemerintah akan menerbitkan aturan tersebut.

Bila berkaca pada kenaikan sebelumnya tahun 2029 lalu, pemerintah diperkirakan akan merilis peraturan tersebut pada bulan Maret dan akan berlakukan pada bulan April nanti.

Saat itu, Presiden secara sah menandatangani peraturan tabel gaji terbaru, dan memberlakukannya pada bulan April tahun 2019.

Tapi bisa saja jika aturan tersebut telah rampung lebih dahulu di akhir Januari 2024 ini, sehingga PNS dan pensiunan dapat menikmati kenaikan di bulan Februari tahun 2024.

Pembayaran Dirappel

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo memastikan, kenaikan gaji PNS sebesar 8 persen tersebut berlaku mulai 1 Januari 2024.

“Berlaku per 1 Januari 2024 sesuai UU dan nanti diatur PP,” ujarnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (2/1/2024).

Meski begitu, Prastowo menyampaikan jika nominal kenaikan gaji PNS belum bisa dibayarkan per Januari 2024.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *