Minum Kopi Susu di Pagi Hari Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Reporter: kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

MINUM KOPI SUSU DI PAGI HARI – Kopi susu memang nikmat diminum pagi hari sebelum memulai aktivitas. Namun, amankah minum kopi susu di pagi hari untuk kesehatan?  

Kopi susu tidak hanya enak, tetapi juga dapat mengatasi rasa mengantuk di pagi hari. Namun, bolehkah minum kopi susu pagi hari? 

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi Saat Puasa? Tips Minum Kopi agar Puasa Tak Terganggu

Ternyata, kebiasaan minum kopi susu di pagi hari perlu dihindari karena dapat meningkatkan kortisol di dalam tubuh dan menyebabkan rasa cemas, gelisah, atau lebih sensitif. 

Kebiasaan minum kopi susu di pagi hari juga dapat menurunkan manfaat kafein sehingga Anda akan lebih cepat merasa mengantuk di siang hari ketika efeknya sudah berkurang. 

Untuk lebih jelasnya, ketahui efek minum kopi susu pagi hari dan waktu yang baik untuk minum kopi berikut ini. 

Bolehkah minum kopi susu pagi hari? 

Minum kopi susu di pagi hari ternyata tidak disarankan. 

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan efek minum kopi susu di pagi hari, menambahkan susu pada kopi dipercaya dapat mengganggu kesehatan tubuh. 

Dilansir dari Cleveland Clinic, minum kopi di pagi hari dapat meningkatkan kadar kortisol sehingga berdampak negatif pada fungsi tubuh. 

Ketika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, kadar kortisol yang tinggi dapat memicu terjadinya inflamasi yang menyebabkan kerusakan sel tubuh. 

Selain itu, minum kopi susu di pagi hari juga dapat meningkatkan rasa mengantuk di siang hari. 

Kafein yang masuk ke dalam tubuh akan memberikan energi tambahan di pagi hari. 

Namun, efek ini hanya berlangsung sekitar lima jam dan membuat Anda lebih mengantuk di siang hari. 

Susu yang ditambahkan pada kopi juga dapat berdampak negatif pada sistem pencernaan. 

Dilansir dari The Health Site, susu merupakan jenis minuman berat yang dapat membuat sistem pencernaan bekerja terlalu keras sehingga akan meningkatkan risiko gangguan pencernaan. 

Meskipun umumnya aman, minum kopi campur susu di pagi hari juga dapat menimbulkan efek samping pada beberapa orang, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan atau lebih sensitif terhadap kopi atau susu. 

Beberapa efek minum kopi susu di pagi hari, yakni: 

Sakit kepala Insomnia, atau sulit tidur di malam hari Gelisah  Lebih sensitif dan mudah marah  Lebih sering buang air kecil atau tidak mampu menahan dorongan untuk buang air kecil  Peningkatan irama denyut jantung  Tremor, atau tubuh gemetar secara tidak terkendali Memicu gejala alergi atau intoleransi laktosa, seperti kembung dan diare, pada orang-orang yang sensitif terhadap susu  Meningkatkan kadar gula darah, khususnya pada penderita diabetes atau gula darah tinggi  Memicu rasa mual atau muntah  Menyebabkan kembung  Membuat perut sakit 

Efek yang muncul akan berbeda pada masing-masing orang. 

Anda yang terbiasa minum kopi susu mungkin tidak akan mengalami efek samping apapun meskipun meminumnya di pagi hari. 

Sedangkan beberapa orang lainnya dapat mengalami efek samping yang lebih serius ketika minum kopi campur susu di pagi hari.

Kapan waktu yang baik untuk minum kopi susu? 

Waktu yang baik untuk minum kopi susu adalah pada pukul 9.30 hingga pukul 11.00 di pagi hari. 

Pasalnya, minum kopi susu di jam tersebut dapat membuat Anda mendapatkan manfaat kafein yang lebih besar sehingga terhindar dari rasa mengantuk di siang hari. 

Namun untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar dan menghindari beberapa efek samping di atas, Anda diimbau untuk mengganti jenis susu yang digunakan menjadi susu nabati, seperti almond atau oat. 

Jadi, bolehkah minum kopi susu pagi hari? 

Kebiasaan ini tidak terlalu disarankan karena dapat memberikan efek samping tertentu untuk kesehatan, khususnya ketika Anda sensitif terhadap kafein atau susu. 

Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan respons tubuh setelah minum kopi susu di pagi hari sehingga bisa menghindari efek samping yang mungkin akan muncul.

Baca Juga: Minuman Segar Ini Bisa Mengobati Asam Lambung

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bolehkah Minum Kopi Susu Pagi Hari? Berikut Penjelasannya…“,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *