Libur Natal dan Tahun Baru, Pelni Labuan Bajo Tambah Rute hingga Kuota Penumpang

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE – PT Pelni Cabang Labuan Bajo menambah jumlah rute dan kuota penumpang untuk kapal yang menyinggahi Pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala PT Pelni Cabang Labuan Bajo, Fitriyaningsih menjelaskan, kebijakan penambahan rute dan kuota penumpang ini untuk mengatasi lonjakan penumpang menjelang dan saat libur Nataru.

Hal tersebut lantaran saat ini tidak ada lagi pembatasan bagi masyarakat untuk tidak mudik seperti tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

“Untuk (KM) Binaiya, untuk Nataru ini kita ada tambahan rute yakni Makassar-Pare-pare-Bontang-Awerange. Sebelumnya (KM) Binaiya hanya Labuan Bajo-Makassar-Bontang-Awerange. Ini tidak mengurangi pelayaran dan tidak ada perubahan jumlah tiketnya,” ujar Fitriyaningsih dikutip TRIBUNFLORES.COM dari Kompas.Com Senin 11 Desember 2023.

Baca juga: BBKSDA NTT Perhatikan Khusus Komodo dan Kura-kura Rote, Satwa Liar Penting di NTT

“Untuk penambahan kuota penumpang non-seat kita siapkan 1.600 untuk empat kapal,” sambungnya.

Penumpang non-seat itu, tambahnya, tetap membeli tiket seperti biasa.

Begitu pula harga tiketnya. Adapun tiket non-seat akan dijual jika tiket seat habis dibeli calon penumpang.

“Penumpang tiket non-seat ini tidak mendapatkan kabin dan nomor deck kapal. Mereka menempatkan kasur. Mereka mengisi tempat-tempat kosong di dalam kapal,” tutur dia.

Baca juga: Imigrasi Atambua Periksa 8 Imigran Gelap Asal Bangladesh, Sebut Tidak Ada Paspor Asli

Menjelang libur Nataru, ucapnya, empat kapal PT Pelni yang menyinggahi Pelabuhan Labuan Bajo seluruhnya berlayar melayani penumpang di setiap rute yang disinggahi.

“Tidak ada yang naik dock. Semuanya layak berlayar,” katanya

Untuk memudahkan pemesanan tiket, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mengunduh aplikasi Pelni Mobile sehingga bisa memesan tiket melalui ponsel pintar. 

Selain itu, ia menyampaikan bahwa pihaknya juga tetap membuka layanan tiket offline di kantor.

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *