KPU Balikpapan Temukan Ribuan Surat Suara yang Rusak, Target Pelipatan Selesai 19 Januari

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Proses pelipatan surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan ditargetkan bisa rampung pada 19 Januari ini.

Dalam kegiatan pelipatan surat suara itu, KPU Balikpapan memberdayakan warga sekitar yang upah untuk melakukan peliputan surat suara sesuai yang ditentukan.

Namun demikian, pada proses sortir dan pelipatan kertas surat suara itu justru ditemukan ada ribuan kertas surat suara yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha mengatakan surat suara yang mengalami kerusakan itu mulai dari kertasnya yang robek, warna yang kurang terang bahkan gambar logo partai berubah warna karena pudar.

“Salah satu contohnya itu warna logo partai Golkar, pohon beringinya ikut menguning tidak hijau lagi, selain itu ada logo PKB yang menguning, ada juga titik hitam yang menutupi nama Caleg, ada juga yang kertasnya bolang di sudut liputan,” jelas Noor Thoha,” saat ditemui Tribunkaltim.co di gudang logistik KPU Balikpapan pada Senin (15/1).

Baca juga: Polres Kukar Kawal Penerimaan Logistik Pemilu 2024

Baca juga: Lengkap, Laporan Dana Kampanye Parpol Peserta Pemilu 2024, PSI Kedua Setelah PDIP, Cek Temuan PPATK

Selanjutnya, kertas surat suara yang rusak itu kata Noor Thoha akan dilaporkan ke KPU Provinsi Kalimantan Timur melalui surat tertulis yang dikirim oleh pihak KPU Kota Balikpapan, untuk kemudian sesegera mungkin dilaporkan ke KPU RI agar segera dilakukan proses penggantian kertas surat suara yang rusak.

“Kita laporkan kepada provinsi karena yang mencetak surat suara ini kan pengadaannya di provinsi maka kami hanya sebatas melaporkan kemudian nanti kita minta supaya yang rusak diganti,” katanya.

Lebih lanjut dia membeberkan berdasarkan data temuan sementara, jumlah kerta suara yang mengalami kerusakan saat ini berjumlah 2 kotak yang jika dihitung secara keseluruhan mencapai 4 ribu surat suara.

“Sementara sih sekitar 4000-an lebih ya temuan itu, selain warna yang tidak terang, ada titik di dalam nama calon, kemudian robek sampai menerobos garis,” beber Noor Thoha.

Baca juga: KPU Paser Temukan Adanya Surat Suara Pemilu 2024 yang Rusak, Proses Sortir Terus Dilakukan

Noor Thoha juga menjelaskan hingga hari ini Senin (15/1), kegiatan pelipatan kertas surat suara sudah memasuki hari yang ke sembilan dan tinggal menghitung hari sesuai target penyelesaian pada 19 Januari ini.(*)

Sumber: Tribun Kaltim

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *